Asistennya Akung!

16 January 2010 Leave a comment

Raffa skrg udah bisa duduk sendiri kalo dimobil.. emang si.. yang aman, kalo dimobil itu harus pake carseat.. tapi tau sendiri si Raffa ga bakalan betah kalo lama2 dikekang gitu.. Sekali waktu pas akung lagi mundurin mobil, Raffa ditaruh dikursi sebelah, dengan dipasangin seat belt.. eh dia anteng2 aja tuh… hehehe
Seterusnya akung suka ngajak Raffa kl kemana2 bedua aja.. itupun kalo perjalanannya deket2 aja loh, kaya kalo jemput mama didepan kompleks deplu.. Udah kaya asistennya akung aja yaa…

Categories: baby, raffa

Ayoooo sekolah!

15 January 2010 Leave a comment

Anak Belajar Dari Kehidupannya
(DOROTHY LAW NOLTE)

Jika anak banyak dicela,
ia akan belajar memaki dan banyak menyalahkan

Jika anak banyak dimusuhi,
ia belajar berkelahi dan menentang

Jika anak dihantui ketakutan,
ia akan terbiasa merasa cemas dan gelisah

Jika anak banyak dikasihani,
ia terbiasa meratapi nasibnya

Jika anak dikelilingi dengan olok-olok,
ia akan menjadi pemalu dan rendah diri

Jika anak dibesarkan dengan rasa iri hati,
ia akan belajar kedengkian

Jika anak dibesarkan dengan dipermalukan,
ia akan belajar merasa bersalah

Jika anak dibesarkan dengan dorongan,
ia akan belajar percaya diri

Jika anak dibesarkan dengan toleransi,
ia akan belajar menahan diri

Jika anak dibesarkan dengan pujian,
ia akan belajar menghargai

Jika anak diterima oleh lingkungannya,
ia akan terbiasa menyayangi dan mencintai

Jika anak mendapatkan pengakuan dari lingkungannya,
ia akan terbiasa menetapkan arah langkahnya

Jika anak tidak banyak dipersalahkan,
ia akan terbiasa senang menjadi dirinya sendiri

Jika anak dibesarkan dengan rasa berbagi,
ia akan belajar kedermawanan

Jika anak dibesarkan dengan kejujuran dan keterbukaan,
ia akan belajar kebenaran dan keadilan

Jika anak dibesarkan dengan rasa aman,
ia akan belajar menaruh kepercayaan

Jika anak dibesarkan dengan persahabatan,
ia akan belajar menemukan cinta dalam kehidupannya

Jika anak dibesarkan dengan ketenteraman,
ia akan belajar berdamai dengan pikirannya

dapet dari milis sehat.. diposting oleh seorang teman..

Categories: Uncategorized Tags: ,

FINLANDIA, negara yg kualitas pendidikannya pertama di dunia

14 January 2010 2 comments

Tahukah Anda negara mana yang kualitas pendidikannya menduduki
peringkat pertama di dunia? Finlandia. Negara dengan ibukota Helsinki
(tempat ditandatanganinya perjanjian damai antara RI dengan GAM) ini
memang begitu luar biasa. Peringkat 1 dunia ini diperoleh Finlandia
berdasarkan hasil survei internasional yang komprehensif pada tahun
2003 oleh Organization for Economic Cooperation and Development
(OECD). Tes tersebut dikenal dengan nama PISA (Programme for
International Student Assesment) mengukur kemampuan siswa di bidang
Sains, Membaca, dan juga Matematika.

Hebatnya, Finlandia bukan hanya unggul secara akademis tapi juga
menunjukkan unggul dalam pendidikan anak-anak lemah mental.

Ringkasnya, Finlandia berhasil membuat semua siswanya cerdas. Lantas
apa kuncinya sehingga Finlandia menjadi Top No 1 dunia?

Dalam masalah anggaran pendidikan Finlandia memang sedikit lebih
tinggi dibandingkan rata-rata negara di Eropa tapi masih kalah dengan
beberapa negara lainnya. Finlandia tidaklah menggenjot siswanya dengan
menambah jam-jam belajar, memberi beban PR tambahan, menerapkan disiplin
tentara, atau memborbardir siswa dengan berbagai tes. Sebaliknya,
siswa di Finlandia mulai sekolah pada usia yang agak lambat
dibandingkan dengan negara-negara lain, yaitu pada usia 7 tahun, dan
jam sekolah mereka justru lebih sedikit, yaitu hanya 30 jam perminggu.
Bandingkan dengan Korea, ranking kedua setelah Finlandia, yang
siswanya menghabiskan 50 jam perminggu.

Apa gerangan kuncinya?

Ternyata kuncinya terletak pada kualitas guru. Di Finlandia hanya ada
guru-guru dengan kualitas terbaik dengan pelatihan terbaik pula.
Profesi guru sendiri adalah profesi yang sangat dihargai, meski gaji
mereka tidaklah fantastis. Lulusan sekolah menengah terbaik biasanya
justru mendaftar untuk dapat masuk di sekolah-sekolah pendidikan, dan
hanya 1 dari 7 pelamar yang bisa diterima. Persaingannya lebih ketat
daripada masuk ke fakultas hukum atau kedokteran!

Jika negara-negara lain percaya bahwa ujian dan evaluasi bagi siswa
merupakan bagian yang sangat penting bagi kualitas pendidikan,
Finlandia justru percaya bahwa ujian dan testing itulah yang
menghancurkan tujuan belajar siswa. Terlalu banyak testing membuat
kita cenderung mengajarkan kepada siswa untuk semata lolos dari ujian,
ungkap seorang guru di Finlandia.

Pada usia 18 th siswa mengambil ujian untuk mengetahui kualifikasi
mereka di perguruan tinggi dan dua pertiga lulusan melanjutkan ke
perguruan tinggi.

Siswa diajar untuk mengevaluasi dirinya sendiri, bahkan sejak Pra-TK!

Ini membantu siswa belajar bertanggungjawab atas pekerjaan mereka
sendiri, kata Sundstrom, kepala sekolah di SD Poikkilaakso, Finlandia.

Siswa didorong untuk bekerja secara independen dengan berusaha mencari
sendiri informasi yang mereka butuhkan. Suasana sekolah sangat santai
dan fleksibel. Adanya terlalu banyak komando hanya akan menghasilkan
rasa tertekan, dan mengakibatkan suasana belajar menjadi tidak
menyenangkan.

Kelompok siswa yang lambat mendapat dukungan intensif. Hal ini juga
yang membuat Finlandia sukses.

Berdasarkan penemuan PISA, sekolah-sekolah di Finlandia sangat kecil
perbedaan antara siswa yang berprestasi baik dan yang buruk dan
merupakan yang terbaik menurut OECD. Remedial tidaklah dianggap
sebagai tanda kegagalan tapi sebagai kesempatan untuk memperbaiki.
Seorang guru yang bertugas menangani masalah belajar dan prilaku siswa
membuat program individual bagi setiap siswa dengan penekanan
tujuan-tujuan yang harus dicapai, umpamanya: Pertama, masuk kelas;
kemudian datang tepat waktu; berikutnya, bawa buku, dlsb. Kalau
mendapat PR siswa bahkan tidak perlu untuk menjawab dengan benar, yang
penting mereka berusaha.

Para guru sangat menghindari kritik terhadap pekerjaan siswa mereka.
Menurut mereka, jika kita mengatakan “Kamu salah” pada siswa, maka hal
tersebut akan membuat siswa malu. Dan jika mereka malu maka ini akan
menghambat mereka dalam belajar. Setiap siswa diperbolehkan melakukan
kesalahan. Mereka hanya diminta membandingkan hasil mereka dengan
nilai sebelumnya, dan tidak dengan siswa lainnya. Setiap siswa
diharapkan agar bangga terhadap dirinya masing-masing. Ranking hanya
membuat guru memfokuskan diri pada segelintir siswa tertentu yang
dianggap terbaik di kelasnya.

(FB/Coki, worldchanging. com)

Diambil dari tulisan Pak Adi W Gunawan di Milist Money Magnet

Categories: baby, education, kids, school

Kapan saat yang tepat untuk..

22 December 2009 Leave a comment

…berenang?
Mengajak si kecil berenang lebih baik dilakukan sejak dini agar ia tidak keburu memiliki ketakutan terhadap air dan kedalaman. Tetapi Anda perlu menunggu sampai si kecil kuat mengangkat kepalanya sendiri. Selain itu, bayi Anda perlu mendapatkan imunisasi lengkap agar ia tidak rentan terhadap kuman di air. Kesimpulannya, bayi usia 4-6 bulan sudah bisa Anda ajari berenang.

…membeli sepatu pertamanya?
Saat bayi Anda bisa melangkah, ia mulai merambat dan menjelajah segala wilayah di rumah. Pada masa ini, lebih baik bayi Anda melakukannya dengan telanjang kaki. Bila ia memakai sepatu saat ia belum lancar berjalan, kakinya akan terbeban dari beratnya sepatu. Tetapi jika Anda akan mengajaknya berjalan-jalan di luar rumah, Anda bisa memakaikannya sepatu yang ringan dan nyaman.

…ia memiliki kamarnya sendiri?
Balita Anda bisa memiliki kamar sendiri sesegera mungkin setelah ia sudah tidak lagi bangun tengah malam untuk menyusu pada Anda. Biarkan ia merasa nyaman dan akrab dengan kamarnya. Caranya dengan memindahkan semua barangnya ke kamar tersebut. Jadi setiap kali ia perlu ganti baju, mengambil mainan, atau belajar, ia melakukannya di kamarnya sendiri. Saat tidur siang dan malam, ia sudah tahu harus pergi ke kamar yang mana.

…transisi dari botol ke gelas?
Terlalu lama menggunakan dot bisa membuat pertumbuhan gigi balita Anda bermasalah. Sejak ia berusia enam bulan, mulailah perkenalkan ia dengan gelas bertutup yang memiliki regulator agar tidak mudah tumpah. Awali dengan minum air putih dengan gelas ini. Targetnya, pada saat ia berusia satu tahun, ia tidak lagi bergantung pada botol susu.

…menonton di bioskop?
Mengajak anak Anda untuk memperhatikan suatu hal yang sama untuk jangka waktu yang lama adalah hal yang tidak mudah. Ini tergantung pada cakupan perhatian masing-masing anak. Biasanya jika anak usia di bawah tiga tahun diajak ke bioskop, ia akan lebih suka memperhatikan lampu-lampu kecil di tangga lalu berlarian mondar-mandir di sana. Ketika ia menonton sebentar lalu melihat berondong jagung, ia akan memilih untuk bermain-main dengan itu. Coba ajak ia nonton DVD di rumah. Jika ia betah duduk diam dan memperhatikan layar kaca selama 1-2 jam, berarti ia sudah bisa diajak ke layar lebar.

…berjalan-jalan tanpa kereta?
Setiap anak tumbuh dan berkembang dalam usia yang berbeda-beda. Ada anak yang lebih cepat berjalan atau lebih cepat berbicara. Umumnya, anak sudah bisa berjalan sendiri di usia 18 bulan dan sudah bisa berlari di usia dua tahun. Bila ia sudah bisa berjalan tanpa digandeng, sebaiknya ia tidak duduk di kereta dorong. Batita Anda membutuhkan banyak latihan gerak serta aktivitas yang membakar kalori. Tetap bawa keretanya, kalau-kalau ia lelah di tengah jalan karena kekuatannya masih sangat minim.

…pindah dari boks bayi ke ranjang besar?
Tahap-tahap tempat tidur anak biasanya dimulai dari boks bayi dengan kasur di atas, dekat dengan bibir boks. Ketika si kecil sudah bisa duduk dan merangkak, kasur pun diletakkan di dasar boks. Semakin besar, ia sudah bisa berjalan dan memanjat. Amatlah berbahaya bila batita Anda memanjat keluar dan terjatuh dari boksnya. Sebelum ia bisa memanjat keluar dari boksnya, pindahkan ia ke ranjang besar.

…ke dokter gigi?
Karena ruangan dokter gigi biasanya menakutkan bagi anak-anak (bahkan mungkin bagi Anda juga), sebaiknya perkenalkan dokter gigi sedini mungkin. Sebenarnya, sejak Anda hamil, Anda perlu rajin ke dokter gigi. Lanjutkanlah dengan membawa si kecil saat Anda check-up. Meski giginya baru dua, perkenalkan ia pada dokter gigi Anda dan para suster agar setidaknya ia mengenal orang-orang di sana. Ketika ia berusia 1-2 tahun dan gigi susunya sudah lengkap, periksakan giginya. Meski ia belum “bersentuhan” dengan permen atau cokelat, gigi si milk-a-holic Anda ini bisa keropos karena gula dari susu yang ia minum.

…memulai latihan ke toilet?
Anda boleh memasang target, pada saat ia berusia tiga tahun, ia sudah bisa buang air di toilet. Untuk mencapainya, Anda perlu memperhatikan kebiasaan dan perkembangan si kecil. Pada saat ia berusia 1,5-2 tahun, jangan pakaikan diaper selama satu hari penuh. Lihat reaksinya saat ia mengompol. Jika ia kaget dan menangis, artinya ia belum siap. Coba lagi beberapa waktu kemudian. Jika ia memanggil Anda saat ia mengompol, artinya ia sudah punya kesadaran. Katakan padanya untuk memanggil Anda sebelum ia mengompol, pada saat ia merasa ingin buang air.

Sumber: http://www.motherandbaby.co.id

Categories: baby Tags: ,

before I was a mom

22 December 2009 Leave a comment

Before I was a Mom – I slept as late as I wanted and never worried about how late I got into bed. I brushed my hair and my teeth everyday.

Before I was a Mom – I cleaned my house each day. I never tripped over toys or forgot words to a lullaby. I didn’t worry whether or not my plants were poisonous. I never thought about immunizations.

Before I was a Mom -I had never been puked on РPooped on РSpit on РChewed on, or Peed on. I had complete  control of my mind and My thoughts. I slept all night.

Before I was a Mom -I never held down a screaming child so that doctors could do tests…or give shots. I never looked into teary eyes and cried. I never got gloriously happy over a simple grin. I never sat up late hours at night watching a baby sleep.

Before I was a Mom – I never held a sleeping baby just because I didn’t want to put it down. I never felt my heart break into a million pieces when I couldn’t stop the hurt. I never knew that something so small could affect my life so much. I never knew that I could love someone so much. I never knew I would love being a Mom.

Before I was a Mom – I didn’t know the feeling of having my heart outside my body. I didn’tknow how special it could feel to feed a hungry baby. I didn’t knowthat bond between a mother and her child. I didn’t know that something so small could make me feel so important.

Before I was a Mom -I had never gotten up in the middle of the night every 10 minutes to make sure all was okay. I had never known The warmth, The joy, The love, The heartache, The wonderment or the satisfaction of being a Mom. I didn’t know I was capable of feeling so much before I was a Mom.

SELAMAT HARI IBU
ūüôā

http://www.tulisan- nyavie.blogspot. com

Categories: baby, love, mother's day, raffa Tags: ,

Pembantu yang Aneh

20 November 2009 Leave a comment

Di rumah mamaku di Pondok Aren cuma ada 1 pembantu, tapi masih kecil 16-17 tahunan gitu, dia orang jawa tapi tinggalnya di palembang, pertama kali kerja ya dirumah mama ini.. jadi belum bisa apa2, paling cuma cuci piring sama cuci baju.. Kalo hal masak memasak mah mama aja deh, dah paling tob!

Pernah suatu hari mama keluar kota, jadi sehari sebelumnya belanja2 dong ke supermarket, nyetok sayuran, dengan harapan mamaraffa bisa masak dikit2.. lumayan lah buat lauk orang2 rumah gitu, ehh ternyata si mbak ini inisiatif dong masak2 sendiri.. coba2 nyampur bahan2 makanan dengan rasa yang aneh.. masa tumisannya buncis, kacang panjang, sama tempe.. agak aneh yaa.. kan harusnya buncis ya buncis aja.. kacang panjang ya kacang panjang aja.. krn bumbunya aneh2 gitu, rasanya pun aneh.. alhasil ga ada yang makan tuh sayur! 

Pembantu ini diambil mama dari tukang pijet yang suka dateng kerumah.. waktu itu mama cerita dah lama ga ada pembantu.. apalagi kalo siang ngurusin cucu segala, karena mamaraffa kan ngantor.. jadi ribet juga yaa.. yaudahlah tukang pijet ini menawarkan mama pembatu bawaannya, tapi dia minta fee segala macem gitu.. yaudah lah, udah selesai, dia udah kerja.. eh trus setelah 3 bulan, dia ditelponin sama tukang pijet ini disuruh resign dari rumah mama! dia kan ga mau.. jadi ngadulah dia sama mama.. ya mama berang lah! masa baru kerja 3 bln dah disuruh pindah ketempat lain ni pembantu.. oooo mungkin si tukang pijet ini mengincar fee-nya itu.. kalo dia pindah2 kan makin banyak dia dapet fee dari orang2 kan? pokoknya pertarungannya alot juga, karena walopun pemula, tapi dirumah kan lumayan ada yg bantuin nyuci, nyetrika, bersih2.. Eh tapi si tukang pijet ini berani loh, smp dateng kerumah, bareng cowo gitu anak muda, mau ngambil si mbak, teriak2 gitu.. tapi ga digubris sama mama.. orang si mbaknya juga betah kok dirumah.. yeee…. mama ga bukain pintu pager.. jadi dia cuma teriak2 sambil mukul2 pintu pager dari luar aja..¬† untungnya rumah gue itu ga ada tetangga dan pagernya lumayan tinggi.. 2 meter-an gitu deh jadi aman… apalagi mama dengan nggak kalah galaknya juga marah2 dari balik pager itu, jangan main2 sama orang madura yah!

Terus masih tentang si mbak ini, pas awal2 dia¬†kerja, kan dia ga punya henpon, jadi buat urusan komunikasi dia harus minjem hp orang2 dirumah, smp suatu hari dia nitip mama buat minta beliin hp pake uang gaji bulanannya… Sejak itu deh, nelpooonnn mulu, sambil nyetrika, nyuci piring, nyapu halaman.. dll pasti deh¬†sambil nelpon, udah kaya orang paling sibuk sedunia aja, tangan kanan sapu, tanngan kiri henpon! LOL

Awal2nya kita bingung, dia nelpon terus udah kaya juragan pulsa aja, oooonnn terus! Apa ga mahal pulsanya, apalagi temen2 dan keluarganya kan di palembang semuaa… yaa kita positip thinking aja.. mungkin dia ditelpon dari sana… tapi lama2 kok satu2 kita ngerasa kalo kita keilangan uang terus.. ga banyak si, paling didompet ada berapa, diambil selembar-dualembar uang aja, kadang 20rb, kadang 50rb.. mangkanya kadang2 suka ga sadar kalo ilangnya. Lama2 pada nyadar krn kok jadi sering ilangnya.. Pantesan mungkin karena beli pulsa itu, karena kamar gue sama ruang setrika kan sebelahan… jadi sering kedengeran kl dia ngoceh2 ditelpon.. nah ini kok udah seharian dia ga nelpon, yaudah… kita main2 sama Raffa dibawah, pas sorenya naik kekamar, paparaffa ngeh uangnya ilang krn inget banget pas deket rumah sebelum pulang tarik tunai di ATM 5 lembar trus ga mampir kemana2 lagi abis itu, jadi uangnya harusnya TETEP 5 lembar dong… ini pas sore mo bayar Aqua kok tinggal 4 lembar? Wahh langsung deh curiga, karena siang tadi si mbak ijin keluar rumah mau beli pulsa katanya.. nah yang aneh kan uang gajinya dia masih dititipin ke mama, ga pernah diambil buat pegangan dia.. lah dia bolak balik beli pulsa pake uang apa dong?

Duhh… mama ga pernah mergokin si, cuma¬†mama pernah ngancem aja ke dia kl ketauan, mau dilaporin ke polisi.. smp sekarang si blm diapa2in si.. karena yaaa jujur kita masih butuh jasa dia, dah ga gampang cari pembantu itu… untungnya setelah diancem udah lumayan ga ada laporan keilangan uang lagi… tapi ga tau deh, kalo emang ternyata dia kleptomania gimana?

 

 

Categories: Uncategorized

nginep di bekasi…

19 November 2009 Leave a comment

 

Hari Jumat besok Oma sama Akung pergi ke Madura.. Sayangnya mamapapa ga bisa ambil cuti karena kerjaan lagi buanyaakk bgt..¬† Dan Raffa ga pake BS jadinya ya ribet juga yaa.. ga bisa ditinggal2…¬†Akhirnya satu2nya jalan yaa Raffa dititipin ke rumah Kai di bekasi.. Ini pertama kalinya Raffa nginep di bekasi.. mudah2an gpp secara di Bekasi itu kamar¬†paparaffa ga ada ACnya, sedangkan Raffa cepet banget keringetannya. Bisa sii.. diungsiin ke kamak Om Yusdi.. Tapi masa semaleman bobonya disana? Ga bareng papamama pula?

Mudah2an nnt malem ga panas2 bgt.. Kan lagi musim ujan ūüôā

Sekarang giliran mama yang bingung.. soalnya ga pernah ke bekasi nge-bis sendiri, abisnya paparaffa pulangnya malem, jadinya ga bisa jemput.. yahh pasrah aja deh nanti.. coba2 sendiri, sekalian kalo sempet mampir dulu di MM, belanja2 dikitt ;D

Categories: Uncategorized